18 Cara Berfikir Positif

By | December 11, 2015
  1. Baca Al Quran. Orang gila saja bisa sembuh dibacakan Al Quran.
  2. Buang emosi negatif. Jangan biarkan Anda memberikan image kekecewaan mendominasi pikiran Anda.
  3. Bersyukur apa yang Anda miliki. Lihat ke bawah dimana banyak orang yang jauh tak seberuntung Anda.
  4. Baca sejarah perjalanan nabi dan rasul. Ujian dan cobaan yang mereka hadapai sangat besar, tapi semuanya berhasil dilalui tanpa kehilangan energi positif untuk bangkit.
  5. Jauhi teman-teman yang sering mengeluh. Energi negatif itu menular. Hati-hati.
  6. Yakin hari esok Insya Allah lebih baik. Hujan pasti akan reda dan badai pasti akan berlalu.
  7. Jangan terpengaruh omongan orang. Jangan biarkan apa yang orang katakan merusak mood dan perasaan Anda.
  8. Senyum bisa meredakan stress. Otot-otot wajah yang kaku akan menjadi lebih luwes dengan tersenyum.
  9. Jangan mudah mencari kambing hitam. Sangat mudah untuk mencari pembenaran dan pelampiasan ketika Anda sedang dirundung masalah.
  10. Ulurkan bantuan untuk menolong orang lain. Hilangkan sejenak sosok Anda yang sebagai pusat perhatian. Bantu orang lain dan rasakan sendiri manfaatnya.
  11. Tidak ada manusia yang sempurna. Roda petadi selalu berputar. Kadang berada di atas, kadang berada di bawah. Ketika Anda sedang berada di bawah, ambil pelajaran sebanyak-banyaknya.
  12. Maafkan diri Anda. Setiap orang pernah berbuat salah. Jangan terlalu keras terhadap diri sendiri.
  13. Ingat, segalanya bisa bertambah buruk. Jika Anda ceroboh menyikapi masalah yang sedang Anda hadapi, bisa jadi bukan solusi yang Anda akan dapatkan. Tapi jalan keluar yang justru semakin membuat masalah menjadi bertambah-tambah. Waspada!
  14. Tetap tenang dan biarkan semuanya terjadi. Terkadang cara terbaik untuk mengatasi masalah adalah dengan bersikap relax dan membiarkan semuanya terjadi.
  15. Cari orang lain yang tepat untuk berbagi. Ibu, orang tua, saudara, kerabat, dan teman bisa menjadi sandaran Anda untuk melepas ketegangan hidup.
  16. Baca buku-buku yang menginspirasi. Serap nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya dan praktikkan sesuai kondisi Anda.
  17. Gabung dengan jenis olahraga yang beregu atau tim. Keluarkan keringat sambil buang semua energi negatif.
  1. Masalah bisa menjadi kesempatan Anda untuk menjadi lebih baik. Di balik musibah dan masalah pasti ada hikmah tersembunyi. Bersiaplah untuk kesempatan yang akan datang.

 

Mengapa Manusia Diuji?

Allah Menjawab:

“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: ’Kami telah beriman’, sedang mereka tidak diuji lagi ?Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.” (Qs. Al-Ankabut : 2-3)

Mengapa Manusia Tidak Selalu Mendapat Apa Yang Diinginkannya?

Allah Menjawab:

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui.” (Qs. Al-Baqarah : 216)

 

Mengapa Ujian Saya Sangat Berat?

Allah Menjawab:

“Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (Qs. Al-Baqarah : 286)

Saya Sangat Sedih Atas Ujian Yang Datang Bertubi-tubi

Allah Menjawab:

“Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah pula kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yg paling tinggi derajatnya, jika kamu orang-orang yang beriman.” (Qs. Al-Imran : 139)

Bagaimana Jalan Keluarnya?

Allah Menjawab:

“Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan jalan sabar dan mengerjakan sholat; dan sesungguhnya sholat itu amatlah berat kecuali kepada orang-orang yang khusyuk Tiada daya dan upaya kecuali atas pertolongan Allah semata” (Qs. Al-Baqarah : 45)

Apa Balasan Dari Semua Ujian Ini?

Allah Menjawab:

“Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mu’min, diri, harta mereka dengan memberikan jannah untuk mereka…” (Qs. At-Taubah : 111)

 

Kepada Siapa Aku Harus Bergantung dan Meminta Tolong?

Allah Menjawab:

“Cukuplah Allah bagiku, tidak ada Tuhan selain dari-Nya. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal” (Qs. At-Taubah : 129)

 

Saya Tidak Sanggup Lagi

Allah Menjawab:

“….dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah melainkan kaum yang kafir.” (Qs. Yusuf : 12)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *