4 Amalan Dahsyat Untuk Melunasi Hutang

By | February 11, 2016

Jiwa seorang mukmin masih bergantung dengan utangnya hingga dia melunasinya.” (HR. Tirmidzi no. 1078 dan Ibnu Majah no. 2413. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Klik dan baca juga : Mengapa Ada Takdir Buruk?

Asy Syaukani berkata, “Hadits ini adalah dorongan agar ahli waris segera melunasi utang si mayit. Hadits ini sebagai berita bagi mereka bahwa status orang yang berutang masih menggantung disebabkan oleh utangnya sampai utang tersebut lunas. Ancaman dalam hadits ini ditujukan bagi orang yang memiliki harta untuk melunasi utangnya lantas ia tidak lunasi. Sedangkan orang yang tidak memiliki harta dan sudah bertekad ingin melunasi utangnya, maka ia akan mendapat pertolongan Allah untuk memutihkan utangnya tadi sebagaimana hal ini diterangkan dalam beberapa hadits.” (Nailul Author, 6: 114).

Klik dan baca juga : Mau Sembuh Dari LGBT? Ikuti 5 Langkah Terapi Ini

Dari ‘Urwah, dari ‘Aisyah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

كَانَ يَدْعُو فِى الصَّلاَةِ وَيَقُولُ « اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْمَأْثَمِ وَالْمَغْرَمِ » . فَقَالَ لَهُ قَائِلٌ مَا أَكْثَرَ مَا تَسْتَعِيذُ يَا رَسُولَ اللَّهِ مِنَ الْمَغْرَمِ قَالَ « إِنَّ الرَّجُلَ إِذَا غَرِمَ حَدَّثَ فَكَذَبَ وَوَعَدَ فَأَخْلَفَ .

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berdo’a di dalam shalat: Allahumma inni a’udzu bika minal ma’tsami wal maghrom (Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari berbuat dosa dan banyak utang).” Lalu ada yang berkata kepada beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Kenapa engkau sering meminta perlindungan dari utang?” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas bersabda, “Jika orang yang berutang berkata, dia akan sering berdusta. Jika dia berjanji, dia akan mengingkari.” (HR. Bukhari no. 2397 dan Muslim no. 589).

Klik dan baca juga : 18 Manfaat Bersyukur!

[1] Taubat Dari Dosa Riba

Agar mudah mendapatkan pertolongan Allah, harus mengakui bahwa berutang dengan cara riba adalah dosa. Bahkan pelakunya atau nasabah utang riba terkena laknat. Dari sahabat Jabir radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- آكِلَ الرِّبَا وَمُوكِلَهُ وَكَاتِبَهُ وَشَاهِدَيْهِ وَقَالَ هُمْ سَوَاءٌ.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat pemakan riba (rentenir), penyetor riba (nasabah yang meminjam), penulis transaksi riba (sekretaris) dan dua saksi yang menyaksikan transaksi riba.” Kata beliau, “Semuanya sama dalam dosa.” (HR. Muslim no. 1598).

Klik dan baca juga : Cara Membahagiakan Orang Tua Dunia & Akhirat

Kalau demikian yang pertama dilakukan adalah bertaubat. Taubat yang sungguh-sungguh adalah bertekad tidak ingin meminjam uang dengan cara riba lagi. Allah Ta’ala memerintahkan untuk melakukan taubat yang tulus,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَصُوحًا

Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya).” (QS. At Tahrim: 8)

Klik dan baca juga : Apakah Rezeki Manusia Sudah Ditentukan?

Hudzaifah pernah berkata,

بحسب المرءِ من الكذب أنْ يقول : أستغفر الله ، ثم يعود

“Cukup seseorang dikatakan berdusta ketika ia mengucapkan, “Aku beristighfar pada Allah (aku memohon ampun pada Allah) lantas ia mengulangi dosa tersebut lagi.” (Jaami’ul ‘Ulum wal Hikam, 2: 411).

Klik dan baca juga : Inilah Alasan Kita Dilarang Berdebat Dengan Orang Kafir

Ibnu Rajab Al Hambali berkata, “Terlarang seseorang mengucapkan ‘aku bertaubat kepada Allah’ lantas ia mengulangi dosa tersebut kembali. Karena taubat nashuha (taubat yang sejujurnya) berarti seseorang tidak mengulangi dosa tersebut selamanya. Jika ia mengulanginya, maka perkataannya tadi ‘aku telah bertaubat’ hanyalah kedustaan.” (Idem).

Klik dan baca juga : Jalan Keluar Ketika Jalan Lain Sudah Buntu

Namun menurut mayoritas ulama berpendapat bahwa sah-sah saja seseorang mengatakan aku telah bertaubat, lalu ia bertekad tidak akan melakukan maksiat itu lagi. Kalau ia mengatakan, “Aku tidak akan mengulangi dosa tersebut lagi”, maka itulah yang ia tekadkan saat itu. (Idem)

Yang terpenting adalah tekad tidak akan berutang dengan cara riba lagi.

Klik dan baca juga : 8 Cara Super Effektif Untuk Bisa Shalat Shubuh Berjamaah di Masjid

[2] Perbanyak Istighfar

Terdapat sebuah atsar dari Hasan Al Bashri rahimahullah yang menunjukkan bagaimana faedah istighfar yang luar biasa.

أَنَّ رَجُلًا شَكَى إِلَيْهِ الْجَدْب فَقَالَ اِسْتَغْفِرْ اللَّه ، وَشَكَى إِلَيْهِ آخَر الْفَقْر فَقَالَ اِسْتَغْفِرْ اللَّه ، وَشَكَى إِلَيْهِ آخَر جَفَاف بُسْتَانه فَقَالَ اِسْتَغْفِرْ اللَّه ، وَشَكَى إِلَيْهِ آخَر عَدَم الْوَلَد فَقَالَ اِسْتَغْفِرْ اللَّه ، ثُمَّ تَلَا عَلَيْهِمْ هَذِهِ الْآيَة

“Sesungguhnya seseorang pernah mengadukan kepada Al Hasan tentang musim paceklik yang terjadi. Lalu Al Hasan menasehatkan, “Beristigfarlah (mohon ampunlah) kepada Allah”.

Klik dan baca juga : Cobaan Dari Allah Dalam Bentuk Harta

Kemudian orang lain mengadu lagi kepada beliau tentang kemiskinannya. Lalu Al Hasan menasehatkan, “Beristigfarlah (mohon ampunlah) kepada Allah”.

Kemudian orang lain mengadu lagi kepada beliau tentang kekeringan pada lahan (kebunnya). Lalu Al Hasan menasehatkan, “Beristigfarlah (mohon ampunlah) kepada Allah”.

Klik dan baca juga : Sabar Tingkat Tinggi Dalam Menghadapi Cobaan

Kemudian orang lain mengadu lagi kepada beliau karena sampai waktu itu belum memiliki anak. Lalu Al Hasan menasehatkan, “Beristigfarlah (mohon ampunlah) kepada Allah”.

Kemudian setelah itu Al Hasan Al Bashri membacakan surat Nuh,

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا (10) يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا (11) وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا ) 12(

Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (QS. Nuh: 10-12). (Riwayat ini disebutkan oleh Al Hafidz Ibnu Hajar dalam Fathul Bari, 11: 98)

Jadi, istighfar adalah pembuka pintu rezeki dan pembuka jalan agar terlepas dari utang yang memberatkan.

Klik dan baca juga : Ayat Ayat Harta di Dalam Al Quran

[3] Jangan Rakus Terhadap Dunia

Hiduplah lebih sederhana dan qana’ah.

Klik dan baca juga : Satu Solusi Untuk Berbagai Masalah

Dengan bersikap hidup sederhana kala terlilit utang, maka akan mengurangi pengeluaran dan akhirnya lebih diprioritaskan pada pelunasan utang. Sifat qana’ah yaitu merasa cukup dan bnar-benar bersyukur dengan rezeki yang Allah beri sunggu akan mendatangkan kebaikan. dari ’Abdullah bin ’Amr bin Al ’Ash, Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,

قَدْ أَفْلَحَ مَنْ هُدِىَ إِلَى الإِسْلاَمِ وَرُزِقَ الْكَفَافَ وَقَنِعَ بِهِ

Sungguh beruntung orang yang diberi petunjuk dalam Islam, diberi rizki yang cukup, dan qana’ah (merasa cukup) dengan rizki tersebut.” (HR. Ibnu Majah no. 4138, Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Klik dan baca juga : Apakah Takdir Bisa Berubah?

[4] Perbanyak Dengan Doa di Bawah Ini

Ada dua doa yang bisa membantu agar terlepas dari sulitnya utang.

a- Doa agar tidak terlilit utang

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْمَأْثَمِ وَالْمَغْرَمِ

Allahumma inni a’udzu bika minal ma’tsami wal maghrom [Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari berbuat dosa dan sulitnya utang] (HR. HR. Bukhari no. 2397 dan Muslim no. 589).

Klik dan baca juga : Keutamaan Luar Biasa Doa Sapu Jagat

b- Doa agar lepas dari utang sepenuh gunung

Dari ‘Ali, ada seorang budak mukatab (yang berjanji pada tuannya ingin memerdekakan diri dengan dengan syarat melunasi pembayaran tertentu) yang mendatanginya, ia berkata, “Aku tidak mampu melunasi untuk memerdekakan diriku.” Ali pun berkata, “Maukah kuberitahukan padamu beberapa kalimat yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengajarkannya padaku yaitu seandainya engkau memiliki utang sepenuh gunung, maka Allah akan memudahkanmu untuk melunasinya. Ucapkanlah doa,

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

“Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak” [Artinya: Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu] (HR. Tirmidzi no. 3563, hasan menurut At Tirmidzi, begitu pula hasan kata Syaikh Al Albani)

Klik dan baca juga: Ayat Ayat Harta di Dalam Al Quran

34 thoughts on “4 Amalan Dahsyat Untuk Melunasi Hutang

  1. tomy

    Assalamualaikum wr. Wb
    Salam sahabat, perkenalkan nama saya tomy admajaya, niat saya hanya ingin berbagi kebaikan khusus kepada orang yang mengalami kesusahan,
    Bismillahirrahmanirrahim
    Percaya tidak percaya semua kembali pada pembaca postingan saya, 6 thn yang lalu. awalnya sy seorang pengusaha yang bisa dibilang sukses,tapi banyak yang tidak suka kalau saya sukses, Bisnis saya bangkrut. saya punya anak dua dan mash kecil2, saya sempat putus asa dan tidak tau mau berbuat apa2,.hutang di bank hampir 2m , diperongan jg yang kian menempuk + bunga, Bahkan rumah saya serta pabrik pun disita oleh bank. pada saat itu saya sempat putus asa dan saya sempat mau mengakhiri hidup,tapi setiap saya melihat anak semua putus asa saya hilang.
    Iktiar demi iktiar saya lakukan, tapi mengalami jalan buntu. Teman dan saudara semua menghindar, ya begitulah……dikala senang banyak uang bak gula dikerumini semut. Tersirat dalam hati, tersengkur didepan sajadah, dosa apa yang saya lakukan ya tuhan, padahal dikala sukses saya termasuk orang yg dermawan, suka membantu teman, tetangga dan keluarga. Larut dalam kesedihan, kesusahan dan penderitaan ….. Ya tuhan, saya baru sadar bahwa selama ini usaha dan bisnis saya didapati dari hasil uang riba yang saya putarkan.
    Bulan terus berganti tidak terasa sudah hampir 2 thn sy berusaha untuk bangkit, apapun pekerjaannya saya lakukan bahkan jadi kuli bangunan, istri jualan sayur dpasar yang penting halal Puasa senin kamis pun sy lakukan agar dimudah doa dan keinginan. Alhamdulillah, ujian itu berakhir, Tuhan memberikan hidayahnya kepada saya meski pun lewat bantuan seorang teman yang membantu saya untuk memberikan modaldan juga Beliau membimbing ke jalan yang lurus, membenarkan langkah kaki saya yg selama ini salah arah dalam bisnis. Alhamdulillah juga beliau menyarankan saya untuk merintis usaha (Usaha yg beliau sarankan), usaha baru mulai dari nol walaupun harus sakit sakit dahulu. ALLAHUAKABAR, 7bln usaha br yg saya rintis maju pesat. doa saya di ijabah, berkat bimbingan beliau serta arahannya usaha saya sangat pesat berkembang, Alhamdulillah ya ALLAH. Saat menulis kisah ini saya sudah bangkit kembali dan bisa untuk membayar hutang hutang, rasa kepercayaan orang lain timbul kembali. Dan Alhamdulillah saya sekeluarga sudah bberangkat umrah . Hanya ALLAH yang bisa membalas budi baik teman saya tersebut, beliau membantu tanpa Pamrih.
    Doa tanpa usaha, adalah suatu kebodohan. Usaha tanpa doa adalah suatu KESOMBONGAN. Yakinlah saudara2ku tiada satu manusia yang lolos dari cobaan , godaan dan ujian. Allah menguji sesuai kadar manusia masing2.
    Yuk banyak dhuha, banyak tahajud banyak berbagi dan bersedekahlah karena dengan sedekah suatu saat sedekah itu akan menolong diri sendiri.
    Hutang tetaplah Hutang yang harus dilunasi, karena hutang akan dibawa sampai mati dan harus dipertanggungjawabkan kepada Allah swt.
    Wassalam, semoga menjadi inspirasi dan yang ingin konsultasi untuk permasalahan seperti yang pernah saya hadapi silahkan email : tomyadmajaya21@gmail.com

    Reply
    1. Nopan munandar

      Allah maha besar
      Membaca tulisan anda saya jadi sadar walau hutang saya banyak saya gak jadi putus asa

      Reply
    2. Zamzam

      Maksud nya itu hutang islam.. seperti puasa/memerdekakan diri sendiri seperti di atas. Bukan hutang uang. Maksudnya begitu bang tomy

      Reply
    3. Narti

      AssalamuAlaikum.. saya mw cerita dan minta solusi kepada anda2.. saya harus bagaimana cara membayar hutang riba yg notabenya bukan saya yg menghutang..tapi ada teman yg pinjem no rekening saya.. jumlahnya sangat besar.. sedangjan saya dan suami dlm kesulitan ekonomi.. teman yg menghutang itu skrng lari.. saya minta sarannya..

      Reply
    4. Uwie yuliana

      Terimkasih membaca tulisan anda saya jadi semangat untuk bangkit kembali

      Reply
    5. Syeh Ahmad Ajibarang

      Hati-hati dengan emailnya, takutnya modus, share2 saja ngapain hrs email pribadi segala

      Reply
    6. guntur

      Terima kasih pak, pengalaman anda jadi pelecut saya, skrang kondisi saya sama persis, saya ditipu orang 1, 5 M, padahal uang tsb. Hasil urunan teman2 juga, kemudian usaha bangun rumah juga bgitu, beli tanahnya dari Uang Bank, setelah sya bangun pake dp nya pembeli, ternyata IMB nya tdk bisa keluar (tanah yg saya beli peruntukannya fasum), setelah itu utang ke rentenir bunga berbunga setiap bulan 10%. Usaha jual beli barang bekas juga tutup karena nggak ada modal, bayar spp anak nunggk sdh 7 blan.. Belum ditagihi tukang kredit harian… Skrang sangat sangat bingung buat ngembalikan uang orang2, mencoba usaha apapun belum ada jalan…
      Ya Allah tolong lah hamba ya Allah, anak saya 4. Minta jajan yang harganya 500 rupiah saja saya tdk mmpu belikan, rumah juga mau disita Bank.. Smpai2 karena tidk mampu bayar PDAM, kmren dicabut meterannya…. Ya Allah….
      Semoga ada saudara2 yang ikhlas bantu saya,
      Saya Guntur tinggal di Surabaya (Jl. Medayu Utara XXVII C/26)

      Reply
  2. Iswanto

    Begitu jg dengan Kami, hutang Kami sekeluarga hampir di angka 500jt sampe saat ini jaga below ada titik terang, tp saya Haqull yakin dengan Doa dan usaha Allah akan memberikan jalan, Aamiiin

    Reply
    1. tomy

      sedikit atau besar itu tetap hutang , dan wajib hukum nya di kembalikan karena hutang akan di bawa mati, nah sekrang bagaimana planing saudara untuk mnyelesaikan hutang trsbut.

      Reply
  3. Bund Santi Sakatta

    Subhanallah…Allah Maha penolong…Maha pengasih dan penyayang…Aamiin…

    Reply
  4. Isfendi ys

    Saya merasa senasib dengan anda anda semua yg telah berbagi cerita tentang ujian yg teralami
    Saya saat ini jg terbelit hutang atau amanah, alhamdulillah berkat hidayah dan rahmat yg datangnya lewat siapapun merupakan petunjuk yg sangat menolong saya dalam menghadapi ujian atau azab dari Alloh akibat dosa yg saya perbuat.
    Intinya awal sukses dan sekarang terpuruk.
    Ternyata dengan sabar, sholat, tawakal serta hadapi aja semua masalah itulah kunci kekuatan hadapi ujian.
    Karena azab atau ujian adalah pemversih dosa tanpa itu akan berlarut tanpa selesai, nauzuvillah…
    Saya doakan saudara saudara diatas segera diampuni segala dosanya dan dibukakan pintu rezeki yg halal.
    Amib amin ya rovbal alamin.
    Ayo sholat tobat nasuha, sholat fardlu gk bolong, sholat dhuha, tahajud dan tiap aktivitas dzikir mengingat kebesaran Alloh.

    Reply
    1. ayunehouse

      Benar sekali, saya juga seperti itu.Padahal bukan saya yang berhutang, tapi suami yang terlalu ambisi dalam bisnis, sehingga kami sekarang terpuruk.
      Penghasilan kami hanya untuk bayar hutang sekarang. bahkan rencana haji yang sudah saya rencakan, bahkan saya sudah daftar saya batalkan.
      Semua salah kami, kami lalai. saya tidak bisa mengingatkan suami. Tapi Alhamdulillah suami sudah sadar sekarang.
      Saat ini yang bisa kami lakukan adalah semakin mendekatakan diri kepada Allah swt, taubat dari hutang riba, dan mempunyai azzam yan kuat untuk melunasinya.

      Reply
  5. Eka Ratna sari

    Saya selalu berdoa siang dan malam, agar allah membebaskan hutang riba saya sebesar 88juta, saya yakin Allah akan memberikan saya petunjuk dan jalan keluarnya,
    Ya Allah Ya Rabb, tolonglah hambamu ini, saya ingin lepas dari hutang bank, maupun hutang uang rentenir, saya tidak ingin membawa hutang ini sampai ajal menjemput, ya allah ya Rabb mohon berikan petunjukmu, hamba benar2 lelah dengan hutang riba ini, tak ada satupun yg melekat dengan hutang riba ini, ya allah tak ada yg tidak mungkin dengan segala kekuasaanMU Kunfayakun…
    Bagi siapa saja yang mau membantu saya
    Bisa menghubungi saya di nomor berikut
    085313882097

    Reply
  6. hermanto

    assalalamualakum….
    mhn sy dibantu untuk membayar hutangku yg menumpuk…yaAlloh…hamba yaqin engkau memberi jalan kemudahan aaaammiiin

    Reply
    1. tomy

      belajar untuk iklas dan selalu pasrah dan berserah diri ke padanya , karena setiap cobaan hanya pasti ada jalan keluar tergantung bagaimna umat nya untuk berkerja keras dan berusaha.

      Reply
  7. motas bilam

    Assalamualaikum wr wb

    Saya telah melakukan kesalahan terbesar dalam hidup saya, awalnya pekerjaan
    Yang saya lakukan terlihat baik2 saja, berjalan mulus dan mendapatkan keuntungan tapi ketika itu mata hati saya tertutup oleh ke rakusan dunia, saya lupa dengan semuanya termasuk ibadah kepada Allah.
    Alhasil uang setoran untuk kantor saya gunakan untuj membiayai gaya hidup hedonisme saya. Ketika itu saya tidak sadar akan bom waktu yang saya ciptakan sendiri, dan tepatnya hari ini saya di sidang oleh management, dan hari ini juga saya harus melunasi semua tanggungan atau uang yg saya pakai sebesar 100juta rupiah.
    Saya putus asa, depresi berat dan menangis di hadapan orang tua saya.
    Sampai saat saya menulis komen ini, saya tidak tau harus berbuat apa untuk melunasi 100juta tersebut.
    Mungkin teman2 ada yang pernah mengalami hal ini bisa tolong kasih masukan kepada saya.
    Sempat berpikir untuk bunuh diri, tetapi saya sadar bahwa ortu saya masih memaafkan dan ingin melihat saya bangkit lagi.
    Semoga Allah yang membalas semua kebaikan teman2 yang dapat membantu saya, dan buat teman2 yang juga mengalami atau masih berhutang seperti saya bisa segera melunasi hutang2nya dengan cepat..

    Wassalamualaikum wr wb

    Reply
      1. Tika

        Binngung cari jalan keluarnya ap bang tomy bisa membantu saya sedang usaha dan berdoa sekrang

        Reply
  8. tomy

    untuk konsultasi mengenai hutang atau riba yang saudara hadapi, mungkin dengan sedikit berbagi dan sharing kita bisa sedikit meringan kan beban.
    karena orang yang sukses adalah orang yang selalu ingin belajar .
    email : tomyadmajaya21@gmail.com

    Reply
  9. tomy

    8 Langkah Lepas dari Jeratan Riba yang mengerikan
    Beikut ini adalah langkah atau pola yang kebanyakan orang dapatkan untuk melepaskan diri dari jerat riba:

    1.Taubat
    2.Berazzam/Bercita-cita
    3.Perbaiki Ibadah secara total
    4.Perbanyak doa dan dzikir
    5.naikkan pendapatan
    6.Tunda Kesenangan
    7.Blacklist diri sendiri menggunakan akad riba bank
    8.perbanyak sedekah

    Reply
  10. Alim

    Saya juga begitu, baru nyadar skarang,175 jt itu hutang riba, saya lakukan saja Sholat taubat 2rakaat,rutin sholat dhuha, tahajud, tiap waktu senggang selalu baca istigfar, baca surat alwaqiah habis sholat subuh, /.sholat dhuha,puasa senin kamis seperti mas tomy, Adanya azab Allah karena Dia sayang kita, pencuci dosa, alhamdulillah ada jalan untuk kluar, untung saya punya rumah, rumah saya jual. Asal bisa kluar dari riba ini..aamiin

    Reply
  11. Ipah sarnipah

    Assalamualaikum, membaca artikel anda begitu menginpirasi karna saat ini sy sedang terlilit hutang yg harus dibayarkan segera bahkan saat ini sepeser uangpun saya tidak ada bingung bayar kos, bingung byr utang bingung bekel anak sekolah bsk,pekerjaan suami yg tdk menentu yg kadang ada kadang tidak ada, dan sayapun sdh berusaha untuk membantu cari nafkah dg bekerja sebagai pembantu rumah tangga, tp tidak mencukupi, hari ini saya bingung pengin lari dari kenyataan tp saya kasihan anak2 saya berdoa meminta ada uang hr ini bagaimana solusinya sy ingin segera terbebas dari hutang sama rentenir yg begitu mencekik,?

    Reply
  12. cakimin

    saya terliit hutang sampai 250 juta. setiap bulan harus mencicil 8 juta . pendapatan tidak seimbang, gara-gara salah langkah serta gaya hidup. rasanya ingin mati saja, tapi jika lihat anak2 tidak tega. untuk rekan-rekan yang baca kita saling mendoakan semoga beban kita cepat ber akhir amiiiin

    Reply
  13. Ryanti

    Assalamualaikum,,, saya juga punya cerita tentang riba,,,, saya ibu 2 anak dan sedang hamil 7bln ,,,, suami krja di pabrik,,, saya salah jalan, mengikuti teman2 iku arisan online dan membengkak hingga 70jt , pdahal saya g pnya rumah atau masih ngontrak,,, suami cm pnya tanah itupun sudah tergadai bri,,,, saya ikhtiar tiap hari, sholat tobat, sholat dhuha, saya berhenti bayar arisan itu dan saat ini mau di perkarakan ke kepolisian,,,, saya ga tw harus berbuat apa,,,, saya bertahan demi anak2 saya yg msih kcil dan calon bayi diperut saya, suami juga sudah hbiskan hrta demi bayar hutang riba saya itu,,,,, mohon pencerahan munkin ada ikhtiar yg lebih baik lagi,, tolong minta doanya agar saya tak sampai di penjarakan,,,,

    Reply
  14. Nora

    Assalamualaikum wr wb,sy jg mengalami hal yg sama sy terjerat hutang rentenir 350 juta hutang riba yg semakin membengkak,,smga kita dibebaskan dari segala bentuk riba, dilimpahkan rezeki yg halal dan diberikan jln Untuk melunasi hutang hutang kita Aamiin y Allah

    Reply
  15. Alvaro

    Astagfirulloh ya alloh tunjukan jalan taubat bagi saya… Saya banyak hutang gara2 judi online yg menyesatkan..
    Semoga engkau memaafkan hamba mu yang bertobat ini… Nyesek kasian liat anak istri… Tobat ya alloh lancarkan lah rezeki yang halal buat hamba da keluarga, amin

    Reply
  16. Ayou'x dana

    Minta doanya teman2 semoga kita semua trbebas dr hutang riba ini……..saya jg bingung..gaji gk cukup buat byr hutang riba ini….saya bingung stress saya gak tau apa yg harus saya lakukan saya sudah tobat berhenti riba…..ya allah semoga ada jalan

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *