Bahasa Arab: Mari Mengenal Lebih Dekat

By | November 29, 2015

Bahasa Arab adalah harta karun umat muslim. Tanpa bisa memahaminya, mustahil kita mampu meresapi mukjizat terbesar Rasulullah SAW.

belajar bahasa arab

sumber gambar: blackberry

Mengapa Belajar Bahasa Arab

Bahasa Arab termasuk ke dalam rumpun bahasa Semit dan bersaudara  dengan bahasa Aramaic dan Hebrew. Diantara semua bahasa Semit, bahasa Arab adalah bahasa Semit yang paling banyak digunakan dan menjadi salah satu bahasa paling populer di dunia.

Terdapat 26 negara di seluruh dunia yang menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa resmi negara mereka. Bahasa ini adalah bahasa no. lima di dunia yang paling banyak digunakan penduduk bumi. Setelah bahasa Inggris dan Perancis, bahasa Arab merupakan bahasa ketiga yang paling banyak digunakan sebagai bahasa resmi negara-negara di dunia.

Menurut CIA Factbook per 2014, total penutur bahasa Arab di seluruh dunia mencapai angka 366 juta. Jumlah ini tidak memasukkan data mereka yang bermukim di luar Arab yang jumlahnya diperkirakan mencapai 17.5 juta. Sebagian besar mereka terkonsentrasi di Timur Tengah, tapi sebagian besar lainnya tersebar dari Eropa, Afrika, Amerika sampai Australia. Bahasa yang memiliki banyak dialek ini juga merupakan bahasa resmi di PBB, Liga Arab, OKI, dan Uni Afrika.

Bahasa Arab memiliki aturan grammar yang ketat karena terbentuk selama lebih dari seribu tahun. Bahasa Arab klassik merupakan bahasa yang digunakan di dalam Al Quran. Terdapat tiga variasi bahasa Arab: Classical Arabic, Modern Standard Arabic (MSA), dan colloquial (percakapan sehari-hari).

Modern Standard Arabic atau Arabic Literature adalah bahasa Arab formal yang umum digunakan saat ini dan berasal dari perkembangan bahasa Arab klassik sejak abad keempat. Ketika orang merujuk bahasa Arab, yang mereka maksud adalah bahasa Arab Standar Modern ini. Bahasa Arab Standar Modern lebih mudah daripada bahasa Arab klassik dan digunakan pada acara-acara televisi, koran, majalah dan dimengerti oleh seluruh orang Arab.

Sedangkan bahasa Arab colloquial adalah bahasa Arab pergaulan yang digunakan untuk percakapan sehari-sehari, setiap negara memiliki ciri khasnya sendiri-sendiri. Bahasa colloquial ini bukan merupakan bahasa Arab yang digunakan di dalam Al Quran.

Bahasa Arabia memiliki banyak dialek yang berbeda-beda, orang Irak yang fasih berbicara bahasa Arab mungkin akan merasa kesulitan untuk memahami apa yang diucapkan orang Aljazair, dan begitupun sebaliknya. Meskipun demikian, keduanya akan mampu berkomunikasi dan mengerti satu sama lain jika menggunakan Modern Standard Arabic (MSA).

Beberapa bahasa telah mempengaruhi perkembangan bahasa Arab, seperti bahasa Hebrew, Yunani, dan Persia. Meskipun demikian, bahasa negeri 1001 malam ini juga memiliki pengaruh yang kuat bagi bahasa-bahasa lainnya di dunia, seperti bahasa Turki, Urdu, Indonesia, dan bahkan bahasa Inggris. Kata-kata cotton, sugar, guitar, sahara, lemon, dan alcohol dalam bahasa Inggris merupakan kata-kata serapan dari bahasa Arab.

 

Manfaat Belajar Bahasa Arab

#1. Kunci memahami agama Islam

Bahasa Arab merupakan kunci penting untuk memahami kitab suci umat muslim, mendalami ilmu hadits dan literatur Arab klasik. Ritual shalat dan haji tidak akan sah jika diucapkan dalam bahasa selain bahasa Arab. Meskipun doa-doa boleh dipanjatkan dalam bahasa apa saja, doa-doa terbaik yang diajarkan dan dicontohkan diberikan di dalam Al Quran yang notabenenya tertulis dalam huruf Arab.

Bahkan salam di antara sesama muslim dari berbagai bangsa diucapkan dalam bahasa Arab.Interogasi di alam kubur juga diajukan dalam bahasa Arab dan penduduk surga hanya menggunakan bahasa ini. Siapapun Anda, muslim maupun non-muslim, bahasa Arab adalah alat untuk memahami Islam dan membangun interaksi positif antar sesama umat beragama.

#2. Negara-negara Arab sedang berada dalam proses reformasi ekonomi yang positif 

Aturan-aturan bisnis diperbaiki guna menarik investor asing. Akibatnya, terjadi booming dalam berbagai bidang; mulai dari konstruksi, finance, telekomunikasi sampai pariwisata.

Jika Anda pernah umroh atau berhaji ke Saudi Arabia, Anda mungkin tidak akan terkejut melihat begitu banyaknya orang Indonesia yang melakukan bisnis di Arab. Mulai dari mendiirikan usaha rumah makan, menjual pakaian, sampai menjadi distributor kayu-kayu khas Indonesia. Pengetahuan kosakata dan grammar Arab akan membuat Anda lebih percaya diri untuk berbisnis di Timur Tengah.

#3. Kesempatan karier terbuka lebar

Dengan booming-nya perekonomian di Timur Tengah, tenaga-tenaga profesional seperti dokter, insinyur, dosen dan akuntan sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan-perusahaan multinasional yang membuka cabangnya di jazirah Arab.

Kemampuan berbahasa Arab yang bagus dapat meningkatkan peluang Anda untuk diterima bekerja di sana dan mendapatkan kesempatan jenjang karier yang cerah dibanding kolega-kolega lainnya yang tidak bisa berbahasa Arab.

#4. Orang Arab tersebar di seluruh dunia

Dimanapun Anda tinggal, di Indonesia, Malaysia, India, Inggris, sampai Amerika, orang Arab ada dimana-mana. Di Amerika Serikat sendiri, jumlah warga Amerika keturunan Arab cukup signifikan.

Terdapat kurang lebih 3.5 juta orang dengan latar belakang keturunan Arab yang tinggal di AS. Meskipun dengan penguasaan yang terbatas, skill berbahasa Arab Anda dapat membantu untuk membaur dengan orang-orang Arab dan menjembantani kesalahpahaman yang sering terjadi antara penduduk lokal dan bangsa pendatang.

#5. Pengaruh dominasi Arab sangat kental terasa di banyak bahasa di dunia

Arabic Vocabulary  banyak yang telah mempengaruhi berbagai bahasa lain di dunia. Aljabar, misalnya, ditemukan oleh matematikawan Arab pada abad pertengahan.

Banyak kebutuhan pokok mulai dari coffee, jasmine, dan lemon yang diambil dari bahasa Arab. Nama Portugal sendiri diilhami oleh kata Bortugali yang dalam bahasa Arab berarti orange. Hal ini mengingat banyaknya buah orange yang ditemukan oleh orang-orang Arab ketika mengunjungi daerah yang saat ini dikenal dengan nama Portugal.

#6. Bahasa yang telah membentuk bahasa Indonesia

Selain karena pengaruh agama Islam, kebudayaan yang dibawa oleh para saudagar Arab telah secara kuat mempengaruhi bahasa-bahasa yang ada di bumi nusantara. Kata-kata seperti kitab, wasit, nama-nama hari (senin selasa rabu dan seterusnya) diambil dari bahasa Arab. Kota Maluku sendiri bahkan dinamakan dari kata Muluk yang berarti kerajaan, karena zaman dahulu di Maluku banyak terdapat kerajaan-kerajaan kecil.

#7. Kesempatan mengikuti haji dan umrah gratis setiap tahun

Tingginya peminat haji dan umrah asal Indonesia membuat biro-biro perjalanan ke Mekkah dan Madinah menjamur dimana-mana. Mereka tentunya membutuhkan banyak tenaga terampil untuk menjadi pemandu para jemaah untuk bisa menjalankan ibadah dengan nyaman di tanah suci. Selain mendapatkan kesempatan jalan-jalan gratis, dengan bekal bahasa Arab, Anda bukan hanya akan mendapatkan manfaat duniawi saja, tapi juga akhirat.

#8. Kontribusi penting bangsa Arab terhadap peradaban umat manusia

Ketika bangsa-bangsa di Eropa mengalami stagnasi di zaman Medieval, peradaban Islam Arab sedang mengalami masa keemasannya. Bangsa Arab menyumbangkan kontribusi yang sangat besar dalam bidang ilmu pengetahuan, kesehatan, filosofi, literatur, matematika, navigasi, astrologi, dan arsitektur. Menguasai bahasa Arab membawa Anda untuk mengeksplorasi sebuah peradaban yang membentuk kehidupan modern umat manusia saat ini.

#9. Alfabet Arab merupakan alfabet no dua yang paling banyak digunakan di seluruh dunia

Hal ini karena huruf Arab telah diadopsi banyak bahasa seperti Persia, Kurdi, Urdu, Melayu, dan Turki Usmani. Huruf Arab terdiri dari 28 huruf dan ditulis dari kanan ke kiri. Penomoran Arab (0, 1, 2, 3….) merupakan penomoran yang diakui dan diterima di seluruh dunia serta menggantikan penomoran Romawi yang rumit dan terbatas.

#10. Peluang menterjemahkan ribuan buku-buku asal Timur Tengah

Meningkatnya minat kaum muslim Indonesia untuk mengenali agamanya telah membuat industri penerbitan buku di Indonesia merasakan efek positifnya. Berbagai penulis Arab bahkan banyak yang secara suka rela menawarkan naskah tulisannya untuk diterbitkan tanpa meminta sepersenpun royalti. Hal ini dilakukan semata-mata untuk kepentingan dakwah dan penyebaran nilai-nilai positif Islami.

 

Semoga artikel  di atas bermanfaat.

Silakan berikan komentar dan jika Anda merasakan manfaat dari tulisan ini, mohon bantu sebarkan agar menjadi amal jariah untuk kita bersama. “Barangsiapa menunjukkan kepada satu kebaikan maka dia memperoleh pahala seperti pahala orang yg melakukannya.” (HR. Muslim)

 

Salam
Sulaymane Idris

One thought on “Bahasa Arab: Mari Mengenal Lebih Dekat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *