7 Ciri Ciri Orang Kafir

By | October 28, 2015

Ciri ciri orang kafir dapat dikenali dengan sangat mudah. Terdapat banyak dalil-dalil yang menerangkan tentang ciri ciri, tabiat, dan kebiasaan mereka.

Klik dan baca juga : 8 Cara Super Effektif Untuk Bisa Shalat Shubuh Berjamaah di Masjid

ciri ciri orang kafir

ciri ciri orang kafir

7 Ciri Ciri Orang Kafir

“Hai Nabi, bertakwalah kepada Allah dan janganlah kamu menuruti (keinginan) orang-orang kafir dan orang-orang munafik.” (QS. Al-Ahzab: 31)

Klik dan baca juga : Cara Membahagiakan Orang Tua Dunia & Akhirat

Waspadalah terhadap orang-orang kafir, sebab Allah mengatakan bahwa mereka adalah seburuk-buruk makhluk. Allah Swt berfirman di dalam Al Quran,

“Sesungguhnya orang-orang yang kafir yakni ahli kitab dan orang-orang yang musyrik (akan masuk) ke neraka Jahannam; mereka kekal di dalamnya. Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk.” (QS. Al-Bayyinah: 6)

Klik dan baca juga : 8 Cara Super Effektif Untuk Bisa Shalat Shubuh Berjamaah di Masjid

Berikut ini adalah tujuh kebiasaan orang-orang kafir yang harus diwaspadai:

[1] Menyesatkan Orang Beriman

“Mereka ingin supaya kamu menjadi kafir sebagaimana mereka telah menjadi kafir, lalu kamu menjadi sama (dengan mereka). (QS. An-Nisa: 89)

Klik dan baca juga : Inilah Alasan Kita Dilarang Berdebat Dengan Orang Kafir

[2] Mengingkari Nikmat Allah Swt

“Mereka mengetahui nikmat Allâh, kemudian mereka mengingkarinya dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang kafir. (QS. An-Nahl: 83)

Klik dan baca juga : Cara Membahagiakan Orang Tua Dunia & Akhirat

[3] Melalaikan Negeri Akhirat

“Mereka hanya mengetahui yang lahir (saja) dari kehidupan dunia; sedang mereka tentang (kehidupan) akhirat adalah lalai.” (QS. Ar-Rum:7)

Klik dan baca juga : 4 Amalan Dahsyat Untuk Melunasi Hutang Bank

[4] Memiliki Hati Yang Terkunci Mati

“Maka disebabkan mereka melanggar perjanjian itu, dan karena kekafiran mereka terhadap keterangan-keterangan Allah dan mereka membunuh nabi-nabi tanpa (alasan) yang benar dan mengatakan: “Hati kami tertutup.” Bahkan, sebenarnya Allah telah mengunci mati hati mereka karena kekafirannya.. .” (QS an-Nisa: 155)

Klik dan baca juga : Mengapa Ada Takdir Buruk?

[5] Memiliki Dada Yang Sempit

“Barangsiapa yang Allah menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya dia melapangkan dadanya untuk (memeluk agama) Islam. dan barangsiapa yang dikehendaki Allah kesesatan niscaya Allah menjadikan dadanya sesak lagi sempit, seolah-olah ia sedang mendaki langit….” (QS. Al-An’am: 125)

Klik dan baca juga : Mau Sembuh Dari LGBT? Ikuti 5 Langkah Terapi Ini

[6] Sombong

“Ketika orang-orang kafir menanamkan dalam hati mereka kesombongan (yaitu) kesombongan Jahiliyah lalu Allah menurunkan ketenangan kepada Rasul-Nya, dan kepada orang-orang mukmin dan Allah mewajibkan kepada mereka kalimat-takwa….” (QS al-Fath: 26)

Klik dan baca juga: Kapan Imam Mahdi Muncul?

[7] Senang Jika Orang Beriman Menjadi Susah

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu ambil orang-orang yang di luar kalanganmu menjadi teman kepercayaanmu (karena) mereka tidak henti-hentinya (menimbulkan) kemudharatan bagimu. mereka menyukai apa yang menyusahkan kamu. telah nyata kebencian dari mulut mereka, dan apa yang disembunyikan oleh hati mereka adalah lebih besar lagi.” (QS. Ali ‘Imran:118)

Klik dan baca juga : 4 Amalan Dahsyat Untuk Melunasi Hutang Bank (dan Hutang-Hutang Lainnya

Maka menjadi orang beriman adalah nikmat hidayah yang harus kita syukuri.

“Dialah yang menciptakan kamu maka di antara kamu ada yang kafir dan di antaramu ada yang mukmin dan Allah Maha melihat apa yang kamu kerjakan.” (QS. At-Taghabun: 2)

Semoga Allah Swt menjaga kita semua agar tetap istiqamah dalam melaksanakan segala perintah dan menjauhi segala larangan-Nya.

Klik dan baca juga : Cara Membahagiakan Orang Tua Dunia & Akhirat

Pembatas antara kita dan mereka adalah shalat. Barangsiapa yang meninggalkan shalat, berarti dia telah kafir.

“Bersegeralah melakukan amal shaleh sebelum datangnya fitnah seperti malam gelap gulita; pada pagi hari seseorang beriman dan sore harinya menjadi kafir, atau sore hari dia mu’min kemudian pada pagi harinya menjadi kafir. Dia menjual agamanya dengan sedikit dari dunia.” (HR Ahmad)

Kenalilah ciri ciri orang kafir dan waspadalah. Semoga bermanfaat…

Klik dan baca juga : 18 Manfaat Bersyukur!

 

 

Semoga bermanfaat,

Salam

 

 

Sulaymane Idris

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *