Etika Makan: Berjamaah Mendatangkan Berkah

By | October 14, 2015

Etika makan ini mungkin sudah banyak ditinggalkan mayoritas kita. Makan berjamaah atau berkelompok adalah cara makan yang disunahkan dan lebih mengikuti Rasulullah Saw. Etika makan seperti ini dapat mendatangkan keberkahan tersendiri.

etika makan

Etika Makan Berjamaah

Selain menambah keberkahan, makan berjamaah ini juga dapat menjalin kekerabatan dan kekompakkan.

Makan secara berjamaah juga dapat menjadi solusi bagi orang-orang yang selalu merasa lapar. Dari Abu Hurairah, Rasulullah Saw bersabda,

“Makanan porsi dua orang sebenarnya cukup untuk tiga, makanan tiga cukup untuk empat.”

Dalam hadis lain yang disebutkan bahwa “Makanan porsi satu orang sebenarnya cukup untuk dua, makanan dua sebenarnya cukup untuk empat, dan makanan empat sebenarnya cukup untuk delapan.” (HR. Bukhari & Muslim)

‘Aisyah juga menyebutkan:

Nabi Saw pernah makan bersama enam orang sahabatnya, lantas Arab Badui datang lalu memakan makanan beliau dengan dua suapan.(H.R. Tirmidzi, Abu Daud, Ibnu Majah)

Ibnu ‘Umar bahkan tidak makan kecuali bersama-sama dengan orang-orang miskin. Suatu ketika beliau melihat ada orang yang makan begitu banyak. Beliau berkata bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda:

Seorang mukmin makan untuk satu usus, namun orang kafir untuk tujuh usus.” (H.R. Bukhari & Muslim)

Banyak makan adalah bagian dari buruknya akhlak seseorang, adapun sedikit makan adalah bagian dari baiknya akhlak seseorang.

Oleh karena itu, mulai sekarang, segeralah untuk membiasakan makan bersama-sama. Hindari menggunakan piring yang hanya cukup digunakan untuk satu orang.

Anda dapat membeli nampan atau tempat yang cukup besar untuk menampung 3—5 orang. Gunakan ini untuk sarapan, makan siang atau makan malam bersama, baik bersama keluarga sendiri ataupun untuk menjamu tamu yang datang ke rumah.

Tidak ada cara makan yang lebih baik selain makan secara bersama-sama. Suasana kedekatan antar sesama dapat terjalin dengan lebih intim. Selain itu, Anda mudah untuk merasa kenyang dengan cara ini.

Ada efek sangat luar biasa yang dihasilkan dari makan secara berjamaah. Pertama adalah membantu menaikkan nafsu makan bagi mereka yang sedang kurang enak badan.

Mereka akan termotivasi untuk ikut-ikutan mencicipi hidangan ketika melihat orang sekitarnya makan.

Manfaat kedua, kebalikan dari yang pertama, makan berjamaah dapat membantu orang-orang yang memiliki kelebihan berat badan untuk menahan nafsu makannya.

Ketika makan bersama-sama, takaran porsi makanan dapat lebih terkontrol. Hasilnya, orang-orang yang mengalami obesitas akan berhenti makan sebelum benar-benar kenyang. Sehingga cara ini cukup ampuh untuk menurunkan berat badan.

Makan berjamaah adalah sunnah Rasulullah Saw yang sudah mulai banyak ditinggalkan orang. Mari kita hidupkan kembali kebiasaan ini.

 

Semoga bermanfaat…

 

Salam

Sulaymane Idris

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *