Islam di Eropa: Masjid Agung Brussels, Belgia

By | November 9, 2015

Great Mosque of Brussels adalah masjid tertua di kota Brussels, Belgia yang berlokasi di tengah-tengah taman Cinquantenaire Park dan juga berfungsi sebagai pusat budaya Islam di negara tersebut.

Great_Mosque_of_Brussels

Bangunan asli masjid didesain oleh seorang arsitek bernama Ernest Van Humbeek dengan gaya arsitektur khas Arab dan bukan ditujukan sebagai tempat ibadah. Saat ini, bangunan tersebut berfungsi sebagai pavilyun yang menampung karya seni eksebisi national pada tahun 1880, salah satunya adalah lukisan terkenal karya pelukis Belgia Emile Wauters, Panorama of Cairo, yang ketika itu menuai sukses besar.

Pada tahun 1967, ketika Raja Arab Saudi Faisal ibn Abd al-Aziz melakukan kunjungan kenegaraan ke Brussels, Raja Belgia Baudouin menghadiahkan bangunan tersebut sebagai tempat ibadah umat muslim yang telah berkembang pesat di negaranya. Setelah melalui proses rekonstruksi yang panjang dengan bantuan arsitek terknenal Tunisia Boubaker akhirnya dibuka untuk umum pada tahun 1978 dan dihadiri oleh Khalid ibn Abd al-Aziz and Raja Baudouin.

Saat ini, Great Mosque of Brussels menyediakan berbagai fasilitas untuk muslim dan non-muslim Belgia melalui sekolah, kursus bahasa Arab untuk dewasa dan anak-anak, serta program pengenalan Islam bagi warga sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *