Islam di Eropa: Masjid Kaisar Sarajevo

By | November 10, 2015

Masjid Emperor adalah landmark kota Sarajevo, Bosnia Herzegovina. Ini adalah masjid pertama yang dibangun setelah kedatangan dinasti Turki Utsmani di Bosnia pada tahun 1457. Sehingga tak heran gaya arsitektur bangunannya sangat kental dengan nuansa klassik kekaisaran Utsmani.

islam di eropa

Masjid Emperor dibangun oleh Isaković-Hranušić dan didedikasikan untuk Sultan Mehmed, pemimpin yang berhasil menaklukkan Konstantinopel. Masjid ini dianggap salah satu masjid terindah pada era Utsmani di dataran Balkan. Masjid Emperor memiliki interior ruangan yang luas dengan detil dekorasi yang berkualitas tinggi.

Masjid asli Emperor dibangun pada pertengahan abad ke-15 dan memiliki sejarah yang panjang dan menarik. Sebelum awal abad ke-16, masjid ini rusak dan hancur total. Bangunan pertamanya terbuat dari kayu dan memiliki ukuran yang yang tidak begitu besar.

Pada tahun 1565, masjid ini kembali dibangun dan kali ini didedikasikan untuk Sultan Suleyman, salah satu pemimpin besar dan terkenal pada era kekhalifahan Utsmani. Ruangan sisi masjid ditambahkan pada tahun 1800 dan terhubung dengan lokasi shalat utama di tahun 1848. Antara tahun 1980 dan 1983, masjid Emperor kembali dicat untuk menjaga dekorasinya agar tetap indah. Terdapat area pemakaman pangeran, mullah, mufti, sheikh, pekerja masjid, dan tokoh-tokoh penting Sarajevo di samping masjid.

Masjid Emperor mengalami rusak parah ketika Perang Dunia II  Perang Yugoslavia selama tahun 1990-an

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *