Kekuatan Doa: Faktor Waktu

By | October 18, 2015

Kekuatan doa bisa didapatkan dengan menggunakan doa doa yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW dan apa yang telah Allah SWT berikan di dalam Al Quran. Salah satunya adalah dengan memilih waktu ideal untuk berdoa.

“Dan Rabbmu berfirman:”Berdo’alah kepada-Ku,niscaya akan Ku-perkenankan bagimu.” (QS. Al-Mukmin: 60)

 

Prime Time Untuk Meningkatkan Kekuatan Doa

Prime time dalam dunia pertelevisian merujuk waktu antara pukul 18.00-22.00. Inilah waktu terbaik untuk memasang iklan, periode dimana orang-orang sudah pulang ke rumah dari aktivitasnya seharian di luar.

Tak heran, harga iklan pada waktu-waktu ini sangat tinggi, bisa berjuta-juta hanya dalam hitungan detik.

Dalam berdoa, terdapat beberapa waktu utama yang afdhol untuk memanjatkan hajat Anda. Berikut ini adalah beberapa waktu utama untuk menambah kekuatan doa Anda.

 

Pada waktu sepertiga malam

“Rabb kita (Allah) تَبَارَكَ وَتَعَالَى turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang terakhir seraya berfirman; ‘Barangsiapa yang berdo’a kepada-Ku saat ini, niscaya Aku akan memperkenankannya, barangsiapa yang meminta kepada-Ku niscaya Aku akan memberikannya, barangsiapa yang meminta ampun kepada-Ku, niscaya Aku akan mengampuninya.’” (HR. Al-Bukhari no. 1145, Muslim no. 758 dan at-Tirmidzi no. 3498)

Di antara adzan dan iqamah

“Do’a yang dipanjatkan antara adzan dan iqamah tidak akan ditolak, maka berdo’alah.” (HR. Abu Dawud no. 521, at-Tirmidzi no. 212, Ahmad III/155)

Di saat dalam sujud

“Saat yang paling dekat antara seorang hamba dengan Rabb-nya adalah ketika dia sedang sujud (kepada Rabb-nya), maka perbanyaklah do’a (dalam sujud kalian).” (HR. Muslim no. 482, Abu Dawud no. 875 dan an-Nasa-i II/226 no. 1137)

Ketika berkecamuk peperangan

“Dua waktu yang tidak akan ditolak (permohonan yang dipanjatkan di dalamnya, atau sedikit kemungkinan untuk ditolak, yaitu do’a setelah (dikumandangkan) adzan dan do’a ketika berkecamuk peperangan, tatkala satu dan lainnya saling menyerang.” (HR. Abu Dawud no. 2540, ad-Darimi no. 1200)

Setelah waktu ‘Ashar pada hari Jum’at

“Pada hari itu (hari Jum’at) terdapat waktu-waktu tertentu, tidaklah seorang hamba berdiri melaksanakan shalat dan berdo’a memohon sesuatu kepada Allah, melainkan Allah pasti akan mengabulkannya. Kemudian beliau Saw memberikan isyarat dengan tangannya (yang menggambaran) waktu itu pendek.” (HR. Al-Bukhari no. 935 dan Muslim no. 852)

Ketika hari ‘Arafah

“Sebaik-baik do’a ialah do’a hari Arafah…” (HR. At-Tirmidzi no. 3585)

Hari Arafah adalah hari ke-9 dalam bulan Dzulhijjah dan merupakan hari ke-2 dalam ritual ibadah haji. Arafah sendiri merupakan nama sebuah gunung, tempat Nabi Muhammad Saw menyampaikan ceramah terakhir kalinya.

Hari Arafah memang salah satu hari istimewa, karena pada hari itu Allah membanggakan para hamba-Nya yang sedang berkumpul di Arafah di hadapan para malaikat-Nya. Nabi Muhammad Saw bersabda,

Tidak ada satu hari yang lebih banyak Allah memerdekakan hamba dari neraka pada hari itu daripada hari Arafah. Dan sesungguhnya Allah mendekat, kemudian Dia membanggakan mereka (para hamba-Nya yang sedang berkumpul di Arafah) kepada para malaikat. Dia berfirman, ‘Apa yang dikehendaki oleh mereka ini?‘” (HR. Muslim, no. 1348).

Ketika turun hujan

“Dua waktu yang padanya sebuah permohonan (do’a) tidak akan ditolak oleh Allah, do’a ketika setelah dikumandangkan adzan dan do’a ketika turun hujan.” (HR. Al-Hakim II/114, Abu Dawud no. 3540)

Ketika 10 hari terakhir bulan Ramadhan

Sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan adalah waktu dimana di dalamnya terdapat Lailatul Qadar. Dari ‘Aisyah ia berkata,

“Aku bertanya, ‘Wahai Rasulullah, apakah yang sebaiknya aku baca pada Lailatul Qadar?’ Rasulullah Saw menjawab, ‘Bacalah:

اَللّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ العَفْوَ فَاعْفُ عَنِّيْ

‘Ya Allah, sesungguhnya Engkau Mahapemberi maaf dan mencintai pemberian maaf, maka maafkanlah aku.’” (HR. At-Tirmidzi no. 3513 dan Ibnu Majah no. 3850)

 

Itulah waktu-waktu prime time untuk menambah kekuatan doa Anda. Semoga bermanfaat…

 

Salam

Sulaymane Idris

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *