Manfaat dan Keutamaan Silaturahim

By | December 2, 2015

Manfaat dan keutamaan silaturahim dalam Islam sangat banyak. Salah satunya adalah dalam perkara rezeki. Silaturahim dan kelapangan rezeki memang seolah tidak memiliki hubungan yang logis. Sebagian orang ironisnya memahami bahwa silaturrahim akan mendatangkan rezeki sebatas jamuan makan yang dihidangkan oleh tuan rumah.

manfaat dan keutamaan silaturahim

     sumber gambar dari babysitting.academy

(Baca artikel populer sebelumnya: Penggembala Kambing: Pekerjaan Para Rasul)

Manfaat dan Keutamaan Silaturahim

Silaturahim dapat Anda lakukan dengan mengunjungi orang tua atau sanak kerabat.  Menjenguk mereka yang sedang sakit atau sekedar mengirimkan salam melalui SMS termasuk menyambung tali silaturahim.

Mengingat keutamaan silaturrahim dapat mendatangkan rezeki, Imam Bukhari bahkan memberikan judul tersendiri untuk dua buah hadis berikut.

Hadis pertama dari Abu Hurairah. Ia pernah berkata bahwa aku mendengar Rasulullah Saw. bersabda:

“Siapa yang senang untuk dilapangkan rizkinya dan diakhirkan ajalnya (dipanjangkan umurnya) maka hendaknyalah ia menyambung (tali) silaturrahim”.

Hadis lain yang serupa dari Anas bin Malik. Ia mengatakan bahwa Rasulullah Saw. bersabda:

“Siapa yang suka untuk dilapangkan rizkinya dan diakhirkan usianya (dipanjangkan umurnya), hendaklah ia menyambung silaturrahim.”

Dari kedua hadits di atas, terdapat dua keutamaan yang istimewa dari silaturrahim. Pertama adalah kelapangan rezeki dan kedua adalah bertambahnya umur.

Hadits lain dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah Saw. bersabda:

Belajarlah tentang nasab-nasab kalian sehingga kalian bisa menyambung silaturrahim. Karena sesungguhnya silaturrahim adalah (sebab adanya) kecintaan terhadap keluarga (kerabat dekat), (sebab) banyaknya harta dan bertambahnya usia.” 

Dan dari Ali bin Abi Thalib bahwasanya Rasulullah Saw. bersabda:

“Barangsiapa senang untuk dipanjangkan umurnya dan diluaskan rizkinya serta dihindarkan dari kematian yang buruk maka hendaklah ia bertaqwa kepada Allah dan menyambung silaturahim.” (H.R. Imam Ahmad & Thabrani)

Selain itu, hadis serupa yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Abdullah bin Umar bahwa ia berkata:

Barangsiapa bertaqwa kepada Tuhannya dan menyambungsilaturahim, niscaya dipanjangkan umurnya dan dibanyakkan rezekinya dan dicintai oleh keluarganya.”

Imam Ibnu Hibban meriwayatkan dari Abu Bakrah bahwa Rasulullah Saw. bersabda:

“Sesungguhnya ketaatan yang paling disegerakan pahalanya adalah silaturahim. Bahkan hingga suatu keluarga yang ahli maskiat pun, harta mereka bisa berkembang dan jumlah mereka bertambah banyak jika mereka saling bersilaturahim. Dan tidaklah ada suatu keluarga yang saling bersilaturahim kemudian mereka membutuhkan (kekurangan).”

Menyambung silaturahim di sini bermakna berbuat baik kepada keluarga atau kerabat yang memiliki hubungan darah (pertalian keturunan) atau karena pernikahan. Semoga Allah Swt. memudahkan kita semua untuk dapat menyambung tali silaturrahim. Aamiin.

Semoga bermanfaat.

 

Salam

Sulaymane Idris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *