Minuman Ahli Surga Itu Bernama Jahe

By | October 25, 2015

“Di dalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe.” (QS. Al-Insan: 17)

Walaupun jahe telah dikenal sejak ribuan tahun lalu, hingga kini ini para ilmuwan masih belum tahu darimana tanaman jahe sebenarnya berasal.

Sebagian memperkirakan bahwa jahe berasal dari India dan Tiongkok sejak 2000 SM.

Allah Swt menggunakan kata zanjabiilaa (jahe) untuk menerangkan campuran minuman penduduk surga. Jahe sendiri memiliki banyak khasiat sebagai obat penyembuh berbagai penyakit.

Dalam Al Adab As Syar’iyah, Ibnu Muflih Al Hanbali menjelaskan bahwa jahe bisa menyembuhkan gangguan pencernaan akibat gas yang berlebihan didalam perut. Jahe juga mampu mengurangi resiko yang disebabkan oleh makanan yang beku dan kenyal.

Selain itu, para ahli biologi dari Kuwait menunjukkan bahwa jahe ternyata sangat bermanfaat bagi penderita penyakit Diabetes Melitus, mampu menurunkan kadar glukosa.

Jahe juga mampu melawan senyawa yang menyebabkan perut berkontraksi sehingga mampu membantu seseorang merasakan mual dan muntah.

“Setiap kali Allah menurunkan penyakit, pasti Allah akan menurunkan obatnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Jadi bagi Anda yang sering masuk angin, merasakan kembung di perut, dan terbiasa mengkonsumsi forzen food, mie instan, tambahkan jahe ke dalam campuran minuman Anda.

Semoga bermanfaat…

 

Salam

Sulaymane Idris

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *