Pintu Rezeki Terbuka Lebar di Pagi Hari

By | October 10, 2015

Pintu rezeki bisa dibuka dengan banyak cara. Salah satunya adalah dengan memaksimalkan waktu pagi hari. Sayangnya banyak orang yang melalaikan momen ini.

pintu rezeki

Pintu Rezeki: Dibuka Sejak Pagi Hari

“Sesungguhnya Allah Ta’ala senang melihat hamba-Nya bersusah payah (kelelahan) dalam mencari rezeki yang halal.” (H.R. Adailami)

Pagi hari merupakan waktu yang paling baik untuk bekerja dan mencari rezeki. Rasulullah Saw bahkan secara khusus mendoakan keberkahan waktu pagi kepada umatnya.

“Ya Allah, berkahilah untuk ummatku waktu pagi mereka.” (HR. Abu Dawud, At-Tirmizy, An-Nasa’i, Ibnu Majah)

Shakhru Al-Ghamidy adalah sahabat Rasulullah Saw yang meriwayatkan hadis di atas. Sebagai seorang pedagang, beliau menerapkan langsung hadis tersebut dengan selalu mengirimkan barang dagangannya pada pagi hari.

Alhasil, beliau memperoleh keberkahan dari Allah Swt berupa keberhasilan bisnis dan harta yang melimpah.

Rasulullah Saw juga tidak mengirimkan pasukan untuk berperang kecuali pada pagi hari. Mengingat besarnya keberkahan pada waktu pagi, Rasulullah Saw juga terbiasa untuk mengirim pasukan perang di awal pagi.

Oleh karena itu, sebagai seorang muslim kita hendaknya memaksimalkan waktu pagi dengan tidak membiasakan tidur lagi setelah lewat waktu subuh.

Beberapa kebiasaan buruk yang sering dilakukan di waktu pagi dan harus dihindari adalah:

  • Tidur karena begadang di malam sebelumnya.
  • Melalaikan salat subuh hingga matahari sudah meninggi.
  • Kembali tidur setelah melaksanakan salat subuh.

Rasulullah Saw tidak beranjak dari tempat duduknya setelah salat subuh.

“Barangsiapa yang shalat shubuh dengan berjama’ah kemudian dia berdzikir kepada Allah Ta’ala sampai terbitnya matahari lalu dia shalat dua raka’at, maka pahalanya seperti pahala berhaji dan ‘umrah, sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. At-Tirmidziy)

Zikir dapat memberikan kekuatan pada hati dan ruhiyah kita untuk beraktivitas seharian penuh. Jika kita tidak berzikir di waktu pagi, hilanglah kekuatan kita untuk beraktivitas seharian penuh.

Begitu banyak keberkahan yang tersaji pada pagi hari. Islam mengajarkan pemeluknya untuk produktif, berkarya, dan tidak bermalas-malasan.

Semoga kita dapat meniru jejak Rasulullah Saw dan para sahabatnya dalam memanfaatkan waktu pagi. Aamiin

Semoga bermanfaat…

 

Salam

Sulaymane Idris

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *