Resensi Buku: Berenang, Memanah & Berkuda

By | January 15, 2016

Penulis : Imam As Suyuthi

Ajaran Islam begitu lengkap dan sempurna, sehingga Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam juga menganjurkan umatnya untuk berolahraga, seperti olahraga berenang, memanah, berlari, berkuda, bergulat, dan lain sebagainya.

Untuk itu, umat Islam janganlah malas berolahraga. Olahraga bertujuan untuk menjadikan manusia sehat dan kuat. Dalam Islam, sehat dipandang sebagai nikmat terbaik yang kedua setelah iman.

Selain itu, banyak ibadah dalam Islam membutuhkan tubuh yang kuat, seperti shalat, puasa, haji, dan juga jihad. Bahkan dalam sebuah hadits disebutkan bahwa seorang mukmin yang kuat lebih baik daripada mukmin yang lemah.

Dan sebaik-baik meniru sesuatu tentulah meniru perilaku, perbuatan dan segala hal tentang Muhammad Rasulullah SAW.

Termasuk dalam perkara parenting. Dan salah satu topik parenting yang berkaitan dengan pendidikan anak adalah mengajak orang tua untuk mengajarkan anak berenang, memanah dan berkuda.

Buku ini menjelaskan tentang keutamaan olahraga berenang, memanah dan berkuda, yang merupakan beberapa jenis olahraga dan permainan yang dianjurkan oleh Rasulullahshallahu ‘alaihi wa sallam.

Dijabarkan juga tentang keutamaan bermain tombak. Beragam manfaat ilmiah dari jenis-jenis olahraga tersebut dikumpas pula secara menarik dalam buku ini.

Selamat membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *