Sebab Doa Tidak Dikabulkan

By | October 18, 2015

Sebab doa tidak dikabulkan bisa karena berbagai faktor. Berikut ini adalah beberapa kemungkinan doa seseorang belum dijawab oleh Allah SWT.

Sebab Doa Tidak Dikabulkan

Berdoalah kepadaKu, Aku akan kabulkan doa kalian. Sungguh orang-orang yang menyombongkan diri karena enggan beribadah kepada-Ku, akan dimasukkan ke dalam neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.” (QS. Ghafir: 60)

[1] Tidak Ikhlas

Berapa banyak orang yang berdoa tetapi tidak dikabulkan? Karena Allah tidak menerima doa kecuali yang ikhlas. Allah tidak mendengar doa seseorang yang berdoa karena sum’ah, riya’ dan main-main tetapi Allah menerima orang yang berdoa dengan ikhlas dari lubuk hatinya.

“Maka sembahlah Allah dengan memurnikan ibadah kepada-Nya.” (QS. Ghafir : 14)

[2] Menggunakan Makanan & Pakaian Yang Tidak Halal

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Seorang laki-laki yang lusuh lagi kumal karena lama bepergian mengangkat kedua tanganya ke langit tinggi-tinggi dan berdoa : Ya Rabbi, ya Rabbi, sementara makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram dan dagingnya tumbuh dari yang haram, maka bagaimana doanya bisa terkabulkan?” (HR. Muslim, kitab Zakat bab Qabulus Sadaqah 3/85-86)

[3] Tergesa-Gesa

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Rasulullah Saw. bersabda,

“Akan dikabulkan permintaan seseorang di antara kamu, selagi tidak tergesa-gesa, yaitu mengatakan : Saya telah berdoa tetapi belum dikabulkan.” (HR. Bukhari, kitab Da’awaat 7/153. Shahih Muslim, kitab Do’a wa Dzikir)

[4] Tidak Yakin

Dari Abdullah bin Amr bahwasanya Rasulullah Saw bersabda,

“Hati itu laksana wadah dan sebahagian wadah ada yang lebih besar dari yang lainnya, maka apabila kalian memohon kepada Allah, maka mohonlah kepada-Nya sedangkan kamu merasa yakin akan dikabulkan karena sesungguhnya Allah tidak akan mengabulkan doa dari hati yang lalai”. (Musnad Ahmad 2/177, Mundziri dalam kitab Targhib 2/478, Al-Haitsami dalam Majma Zawaid 10/148)

[5] Doa Untuk Melakukan Dosa

Apabila seorang muslim berdoa dan tidak memohon suatu yang berdosa atau pemutusan kerabat kecuali akan dikabulkan oleh Allah salah satu dari tiga ; Akan dikabulkan doanya atau ditunda untuk simpanan di akhirat atau menghilangkan daripadanya keburukan yang semisalnya.” (Musnad Ahmad 3/18. Imam Al-Mundziri mengatakannya Jayyid (bagus) Targhib 2/478)

Itulah sebab-sebab mengapa doa tidak dikabulkan. Semoga bermanfaat…

 

Salam

Sulaymane Idris

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *